Pondok Pesantren Maqnaul Ulum Sukorejo Sukowono Jember 68194 Jawa Timur Telp : 0331 567284 Fax : (0331) 567284 Email : ppmaqnaululum@gmail.com Web : http://maqnaululum.sch.id

Newstiker

Minggu, 06 Juli 2014

Pembelajaran berbasis ICT


Ruang Kelas
Sekolah merupakan sebuah institusi dengan salah satu tugas yang diembannya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) masa depan yang bermutu dan berdaya guna. Dalam prosesnya, sekolah membutuhkan sumber informasi yang mutakhir dan selalu terkini. Pengembangan implementasi teknologi informasi dan komunikasi di sekolah merupakan upaya yang sudah seharusnya dilakukan. 

SMP dan SMK Maqnaul Ulum sebagai lembaga pendidikan selalu berusaha untuk meningkatkan kwalitas dalam proses belajar mengajar sesuai dengan misinya Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang aktif, Inovatif, Kreatif, efektif dan menyenangkan.Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran bebasis ICT. Hal ini, sebagai salah satu cara untuk memberikan pelayanan kepada siswa dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM)


Pembelajaran berbasis ICT adalah pembelajaran yang berasaskan konsep pembelajaran computer dan multimedia. Pendidikan bebasis ICT (Information Communication Technology) saat ini sudah berkembang pesat di berbagai daerah. Kebutuhan akan berbagai media interaktf semakin dirasakan, mengingat kondisi perkembangan teknologi informasi (TI) semakin berkembang pesat. Dalam dunia pendidikan misalnya, siswa mulai pra-sekolah, SD, SMP, SMA dan SMK dituntut mengenal TI sejak dini.



Untuk mewujudkan sekolah dengan berbasis ICT tentunya diperlukan sarana prasarana yang menunjang. Tanpa sarana dan prasarana yang baik maka pembelajaran tidak akan sulit berjalan dengan sempurna. Sarana prasarana sekolah berbasis ICT adalah seperti Lab bahasa yang lengkap, komputer, LCD, dan koneksi internet. 


Selain sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, pembelajaran berbasis ICT juga dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, membiasakan guru untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman yang semakin pesat saat ini. Sudah saatnya guru sedikit demi sedikit membiasakan diri mengajar menggunakan media berbasis ICT, tidak hanya mengandalkan buku yang sudah berbagai generasi redaksinya hanya itu-itu saja sehingga sudah sangat hapal diluar kepala.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Lokasi Pondok Pesantren