Pondok Pesantren Maqnaul Ulum Sukorejo Sukowono Jember 68194 Jawa Timur Telp : 0331 567284 Fax : (0331) 567284 Email : ppmaqnaululum@gmail.com Web : http://maqnaululum.sch.id

Newstiker

Rabu, 11 Juni 2014

Profil PPMU



PROFIL
PONDOK PESANTREN


        I.            INDENTITAS PESANTREN

1.      Nama                      : MAQNA’UL ULUM
3.      Nomor Statistik       : 5 1 0 3 5 0 9 0 3 2 0
4.    Alamat                    : Desa Sukorejo Kec. Sukowono Kab. Jember 68194 Jawa
                                  Timur Indonesia
5.      Telp                         : (0331) 7777 986
6.      Website                  : maqnaululum.sch.id
                                       maqnaululum.blogspot.com
7.      E-Mail                     : maqnaululum@yahoo.com
                                  ppmaqnaululum@gmail.com         
8.      Tahun berdiri          : Pondok Pesantren tahun 1956
                                  Akte Yayasan no.18 Tahun  1996
9.      Pimpinan Pondok    : KH.Abdul Malik Dhofir Nachrowi




      II.            LATAR BELAKANG

Keberadaan Pondok Pesantren sebagai sistem lembaga pendidikan Islam, dakwah Islam, pusat pengembangan Islam, dan sebagai sistem dan lembaga pengembangan masyarakat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa telah diakui oleh masyarakat. Keberhasilan Pondok Pesantren dalam melahirkan tokoh-tokoh agama, pejuang bangsa, serta tokoh masyarakat baik di masa perjuangan kemerdekaan, setelah kemerdekaan maupun era sekarang ini, merupakan bukti bahwa Pondok pesantren telah berperan dalam mempertahankan dan menyebarluaskan agama Islam sekaligus ikut serta secara aktif membangun bangsa Indonesia.
Pondok Pesantren Maqna’ul Ulum Sukorejo Sukowono Jember yang didirikan pada tanggal tahun 1956 oleh KH. Ahmad Nahchrowie adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang ada di Kota Jember dengan  tujuan mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan, meningkatkan akhlak mulia, dan mencerdaskan kehidupan bangsa  sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945.

    III.            VISI DAN MISI PONDOK  PESANTREN

Visi

Pondok adalah tempat ibadah thalabul ilmi untuk mencari ridha Allah SWT dan harus menjadi sumber ilmu pengetahuan Agama Islam serta ilmu pengetahuan umum dan tetap berjiwa pondok.

Misi

  1.   Membentuk pribadi umat yang unggul dan berkuwalitas yang berakhlaqul karimah.
  2.  Berkhidmat kepada masyarakat.
  3. Mempersiapkan warga negara yang berkepribadian Indonesia yang bertaqwa kepada Allah SWT.



   IV.            KEGIATAN PENDIDIKAN


Secara tradisional, Pondok Pesantren Maqna’ul Ulum sebagaimana pondok pesantren lainnya di Indonesia, Sejak berdirinya tahun 1956 hanya memiliki satu sistem pendidikan yaitu mengaji kepada Pengasuh/kiai. Kegiatan pendidikan hanya berbentuk pengajian bandongan dan sorogan yang merupakan tradisi pendidikan asli dari berbagai pesantren di Jawa dan Madura.

Baru pada masa kedatangan beberapa kader pondok setelah menimba berbagai ilmu pengetahuan dari berbagai macam pondok pesantren, maka sistem pendidikan pondok banyak perubahan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman yaitu menambah sistem pendidikannya dengan penerapan sistem pengajian ma’hadiyah dan sistem pendidikan madrasiyah, sebagai pembekalan bagi mereka yang belum mampu mengikuti pengajian ma’hadiyah. Seiring bertambahnya santri, secara bertahap Pondok Pesantren Maqna’ul Ulum terus melakukan pengembangan dari hari ke hari terutama yang berkenaan dengan sistem. Secara umum kegiatan pendidikan di Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum dibagi menjadi 2 bagian  yaitu :

1. Pendidikan ma’hadiyah (non-klasikal) adalah pendidikan yang proses belajar dan mengajarnya di luar kelas dengan menggunakan sistem Sorogan,Wetonan dengan mata pelajarannya adalah kitab-kitab klasik.

2. Pendidikan madrasiyah (klasikal) di Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum  secara umum dibagi menjadi 2 bagian, yaitu madrasah diniyah dan madrasah formal (umum)
1)      Pendidikan Madrasah Diniyah non formal
Pendidikan madrasah diniyah Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum menggunakan kurikulum pendidikan diniayah  yang  disusun secara khusus menitik beratkan pada penguasaan materi ilmu-ilmu agama Islam (diniyah) dan ditambah dengan ilmu-ilmu keguruan nama madrasah tersebut adalah  Madrasah Mu’allimin wal Mu’allimat al Islamiyah (M M I)

2)      Pendidikan Madrasiyah Formal
Sedangkan pendidikan formal/umum adalah suatu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menyiapkan kader muslim yang luas wawasan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dengan dilandasi nilai-nilai ajaran Islam yang kuat dan mampu menerapkan dalam kehidupan masyarakat. Kurikulum pendidikan ini mengacu dan menggunakan kurikulum yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) pusat dengan 2 jenjang yaitu :
a.  SMP Maqna’ul Ulum
                                 b. SMK Maqna’ul Ulum (Multimedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jadwal Sholat

Lokasi Pondok Pesantren